Langsung ke konten utama

Kaki Kiri Messi Ciptakan 73 Gol Pada Tahun 2012

Awalnya, banyak orang tak percaya pria mungil itu, 169 cm, mampu menghentak dunia. Nirpercaya juga terjadi di lingkup dunia sepak bola, kala sang pemuda yang di masa kecil kekurangan hormon pertumbuhan tersebut, bakal memecahkan catatan legendaris. Semuanya terjawab sudah dua pekan lalu, dan semakin tegas pada akhir pekan kemarin. Tiba-tiba saja, ia sudah mengoleksi angka fantastis; 90!

Angka tersebut bukan sembarangan, karena berasal dari kerja keras luar biasa, dan berasal dari individu berkelas Galacticos alias dari planet lain. Titik 90 tersebut tak lain adalah jumlah gol yang digapai Lionel Messi, nama sang pemuda, sepanjang tahun 2012.


Pada beberapa budaya, kiri selalu identik dengan hal yang buruk. Bagi kebanyakan orang, anggota tubuh bagian kiri pun selalu menjadi bagian yang paling lemah misalnya, tangan kiri dan kaki kiri.

Namun, tidak demikian halnya dengan Lionel Messi. Kaki kiri penyerang Barcelona tersebut seolah menjadi anugerah yang diberikan Tuhan. Posturnya memang kecil untuk ukuran Eropa. Namun, justru si kaki kiri yang membuatnya layak menjadi orang besar.

Messi telah memecahkan rekor gol dalam setahun Gerd Muller yang bertahan selama 40 tahun ketika melawan Athletic Bilbao 2 Desember lalu. Messi tidak berhenti dengan torehan 86 gol tersebut dan meneruskannya menjadi 90 gol.

Terlepas dari sisi teknis, tidak banyak yang mengetahui bahwa kaki kiri Messi adalah sumber utama lahirnya rekor gol fantastis tersebut. Dari 90 gol yang sudah dikemas si Pemain Terbaik Dunia 3 kali berturut-turut tersebut, 73 di antaranya lahir dari kehebatan kaki kiri Messi. Rata-rata 80 persen gol Messi tahun ini diciptakan dengan kaki kiri.

Sebenarnya, kemunculan statistik fantastis tersebut tidak mengejutkan karena Lionel Messi memang seorang pemain kidal. Sebanyak 59 gol diciptakan ayah dari Thiago tersebut dengan kaki kiri dari situasi permainan terbuka. Keterampilan Messi mengolah si kulit bundar juga semakin jelas ketika 6 dari 59 gol diciptakan dengan mencungkil bola.

Selain permainan terbuka, Messi juga piawai menciptakan gol melalui situasi bola mati. Tujuh gol diciptakan La Pulga melalui tendangan bebas kaki kiri dan 14 gol lainnya diciptakan melalui tendangan penalti. Kiper Real Madrid, Iker Casillas, termasuk orang yang sudah merasakan kepiawaian Messi menceploskan bola melalui tendangan penalti dan tendangan bebas.

Torehan 90 gol Messi tidak hanya dicetak dengan kaki kiri. Messi juga mampu mencetak gol dengan kaki kanannya. Sebanyak tujuh gol sudah diciptakan Messi dengan kaki kanan. Dua di antaranya bahkan dengan cara mencungkil bola.

Sayangnya, Messi seperti kurang mempercayai si kaki kanan untuk urusan bola mati. Tidak ada satu pun gol yang diciptakan Messi, baik melalui tendangan bebas maupun tendangan penalti, yang menggunakan kaki kanan.

Namun, Messi mampu menutupi hal tersebut dengan kemampuan hebat lainnya. Meski berpostur pendek, pria Argentina tersebut juga mampu menciptakan gol melalui sundulan. Hingga hari ini, Messi sudah menciptakan tiga gol melalui sundulan. Satu di antaranya dicetak ke gawang tim asal Rusia, Spartak Moscow, yang mayoritas pemainnya berpostur jauh lebih tinggi daripada Messi.

Rasanya memang sudah layak menempatkan Lionel Messi sebagai dewa sepakbola menggantikan legenda-legenda seperti Pele dan Maradona. Bukan tidak mungkin akan muncul suatu keyakinan yang akan menempatkan Messi sebagai yang disembah, seperti Diego Maradona.

*source*

Baca Artikle Lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Pertama Kerja di PT Bina Artha Ventura

Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH SWT, yang telah memberikan saya sebuah pekerjaan yang nyaman, mempunyai prospek yang cerah, tidak membosankan, dan masih banyak lagi yang saya dapat dari pekerjaan ini, semua yang saya lakukan akhirnya ada hasil dan manfaatnya, kemauan saya yang besar dan semangat akhirnya menemui titik terang yang sangat berarti bagi Saya.

12 Misteri Dunia Yang Membingungkan Para Ilmuwan

Ada banyak misteri yang belum terpecahkan di muka Bumi. Teka-teki yang tak bisa dijawab bahkan dengan kemajuan sains dan teknologi modern saat ini. Seperti, patung-patung kuno raksasa yang bertebaran di Easter Island atau Pulau Paskah, buku dengan tulisan yang tak bisa dibaca, dan tak ketinggalan misteri ‘kapal hantu’ SS Ourang Medan yang karam di Selat Malaka.

Wenger Jagokan Messi Raih Ballon d'Or

London - Lionel Messi kembali masuk dalam daftar tiga finalis peraih penghargaan FIFA Balon d'Or 2012. Arsene Wenger menjagokan striker asal Argentina itu akan mendapatkan penghargaan itu lagi. Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, Messi menjadi tiga finalis penghargaan Ballon d'Or. Dalam dua edisi sebelumnya, pesepakbola 25 tahun itu selalu menjadi pemenang voting yang melibatkan kapten dan pelatih tim nasional, serta beberapa jurnalis.