Langsung ke konten utama

Tips mencegah akun facebook, twitter, gmail, yahoo dsb

Tips mencegah akun facebook, twitter, gmail, yahoo dsb

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips mencegah hacking yang dilakukan dengan teknik fake login menggunakan ARP Poisioning maupun menggunakan teknik DNS Poisioning. Sekilas saya bahas bermacam teknik tersebut. Fake login adalah teknik hacking yang dilakukan dengan merubah halaman depan website palsu dengan tampilan website aslinya.
Misalnya kita login ke facebook.com namun sejati halaman tersebut bukan milik facebook.com tetapi website palsu dengan halaman depan yang mirip sekali dengan facebook.com.
Cara hacker yang paling sederhana adalah mengecoh dengan link palsu misal sang hacker membuat sebuah gambar dengan tulisan login with facebook, ketika kita klik kita tidak berada di halaman facebook yang benar namun di situs lain misalnya fatebook.com. Cara ini hampir sebagian besar sudah mengetahui dan mengantisipasinya. Namun apabila digabungkan dengan teknik ARP Poisioning yaitu dengan merubah DNS Host untuk diarahkan ke website palsu maka tidak banyak pengguna tahu klo mereka sudah diarahkan. Lebih jelasnya bisa menyimak artikel saya terdahulu. Pada artikel tersebut saya menjelaskan pencegahan untuk menggunakan VPN namun bagaimana klo tidak punya VPN???
Ada cara yang cukup ampuh yaitu menggunakan fasilitas HTTPS, cara ini cukup ampuh karena dengan terkoneksi menggunakan HTTPS maka data login kita akan terenkripsi sehingga walaupun hacker mampu mendapatkan log file tetap saja akan kesulitan untuk menterjemahkan karakter username dan password. Teknik yang dilakukan mungkin tetap dapat mengambil data login kita namun tetap saja sulit untuk menterjemahkan isi data tersebut.
bukankan setiap login facebook selalu masuk ke HTTPS??
saat anda pertama kali membuka http://www.facebook.com anda tidak terkoneksi secara secure sehingga dengan tidak sadar anda sudah masuk perangkat si hacker. Ingat apabila DNS sudah di manipulasi maka domain http://www.facebook.com sudah dibelokkan ke alamat situs palsu milik sang hacker. Cara ini tidak akan berlaku bila anda membuka website pertama kali dengan HTTPS. Domain poisioning sulit untuk memanipulasi situs dengan HTTPS sehingga login anda dari pertama kali sudah terenkripsi.
Jadi caranya cukup mudah tambahan https pada awal domain situs yang anda ingin akses. Rata-rata situs-situs populer macam facebook,twitter,gmail,yahoo,dll sudah menyediakan fasilitas HTTPS jadi login lah menggunakan HTTPS. Paling tidak cara ini cukup aman untuk mencegah hacker newbie yang baru belajar teknik ARP Poisioning

dimasnova.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Pertama Kerja di PT Bina Artha Ventura

Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH SWT, yang telah memberikan saya sebuah pekerjaan yang nyaman, mempunyai prospek yang cerah, tidak membosankan, dan masih banyak lagi yang saya dapat dari pekerjaan ini, semua yang saya lakukan akhirnya ada hasil dan manfaatnya, kemauan saya yang besar dan semangat akhirnya menemui titik terang yang sangat berarti bagi Saya.

Download Photoshop CS5

Download Photoshop CS5 adobe photoshop cs5 gratis , serta keygen ,dan full crack , Bagi yang suka desain grafis aplikasi atau software ini mungkin yang dicari yakni adobe photoshop terbaru 2012 , dan adapun software yang terbaru dari adobe photoshop adalah adabe photoshop cs5 ,nah  dimasnova kali ini akan