Langsung ke konten utama

Cara Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google.
Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. Dan file tersebut dapat di share dengan orang lain untuk berbagi pakai dan juga kolaborasi peng-edit-annya. Kapasitas yang disediakan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 5GB, untuk menggunakan kapasitas lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan.

Dengan menggunakan Google Drive, berarti pemilik file telah memiliki back-up file nya di internet sehingga jika terjadi sesuatu pada file yang disimpan di komputer atau laptop, misalnya file tersebut rusak atau hilang atau terkena virus, atau komputer/laptopnya rusak yang menyebabkan tidak dapat digunakan, maka file yang berada di Google Drive tetap aman dan tetap dapat diakses menggunakan komputer lain yang terhubung ke internet.
1. Masuk ke dashboard akun Google Drive melalui link ini http://drive.google.com , isi dengan username dan password yang dimiliki.














2. Pada halaman ini, klik link yang ditunjuk oleh tanda panah pada gambar untuk mendownload software Google Drive yang akan di install di komputer.

















3. Kemudian klik tombol “Accept and Install”
  











4. Selanjutnya proses download akan langsung mulai
  














5. Setelah download selesai, selanjutnya akan diminta memasukkan username dan password akun google.
  















6. Setelah mengklik tombol Sign in, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini, klik Next.

















7. Berikutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, klik tombol Start Sync, maka proses selanjutnya akan ada sebuah folder Google Drive di komputer yang isi folder tersebut akan disinkronisasikan dengan file yang ada di akun Google Drive.
  















8. Sampai disini proses instalasi telah selesai, folder Google Drive akan berisi file yang sama dengan yang tersimpan di akun Google Drive di internet.
  














Demikian langkah-langkah instalasi Google Drive di komputer, untuk menambahkan file yang akan disimpan di Google Drive cukup dengan meng-copy atau drag-and-drop file yang diinginkan ke dalam folder Google Drive yang ada di komputer lalu Gogle Drive akan melakukan sinkronisasi sehingga file tersebut juga tersimpan di akun Google Drive di internet.

Baca Artikel Lainnya :

Fitur Fitur yang tersedia di Google Drive
Keunggulan Google Drive

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hari Pertama Kerja di PT Bina Artha Ventura

Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH SWT, yang telah memberikan saya sebuah pekerjaan yang nyaman, mempunyai prospek yang cerah, tidak membosankan, dan masih banyak lagi yang saya dapat dari pekerjaan ini, semua yang saya lakukan akhirnya ada hasil dan manfaatnya, kemauan saya yang besar dan semangat akhirnya menemui titik terang yang sangat berarti bagi Saya.

12 Misteri Dunia Yang Membingungkan Para Ilmuwan

Ada banyak misteri yang belum terpecahkan di muka Bumi. Teka-teki yang tak bisa dijawab bahkan dengan kemajuan sains dan teknologi modern saat ini. Seperti, patung-patung kuno raksasa yang bertebaran di Easter Island atau Pulau Paskah, buku dengan tulisan yang tak bisa dibaca, dan tak ketinggalan misteri ‘kapal hantu’ SS Ourang Medan yang karam di Selat Malaka.